Bahaya Junk Food

Rabu, 09 Mei 2012 1 komentar
Kenapa Junk Food Berbahaya?






Tanda tanya besar kenapa junk food berbahaya? Padahal makanan cepat saji ini sangat praktis dan rasanya so delicious. Mau tau?? 

Junk Food merupakan makanan yang dianggap memiliki nilai gizi sedikit tidak ada (mengandung "kalori kosong"), untuk produk dengan nilai gizi, tetapi  memiliki bahan-bahan yang  tidak sehat ketika dimakan/ dikonsumsi.
Junk food biasanya makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi, garam, atau gula, dan buah sedikit atau tidak ada, sayuran, atau serat makanan, dan dianggap tidak memiliki manfaat bagi kesehatan.  Junk food juga disebut sebagai makanan sampah, termasuk makanan ringan seperti keripik asin (keripik), permen, permen karet, makanan penutup paling manis, makanan cepat saji goreng dan minuman berkarbonasi (soda),  serta minuman beralkohol,
Junkfood, saat ini merupakan makanan yang paling banyak dijumpai di mana-mana dan banyak dikonsumsi orang, alasannya antara lain mudah didapat, harga relatif murah, rasa yang enak dan penampilan yang menarik. Pizza, fried chicken, burger dan berbagai soft drink merupakan contoh junkfood yang sangat populer, bahkan sudah menjadi santapan wajib sehari-hari bagi sebagian orang.
Junk food adalah  makanan dengan kandungan nutrisi yang rendah. Biasanya junk food ini mengandung kadar garam, gula, lemak atau kalori yang tinggi, tetapi rendah nutrisinya rendah vitamin, mineral dan juga serat. Harganya biasanya lebih murah daripada makanan yang sehat, dan rasanya lebih enak (tetapi tidak sehat). Karena rendah dalam kandungan nutrisi, makanan jenis ini tidak banyak manfaatnya bagi kesehatan hanya sekedar mengenyangkan dan memberikan sensasi rasa yang enak. Bila anda terbiasa mengkonsumsi jenis makanan junk food ini sejak dini, maka semakin sulit untuk mencegah proses degeneratif dan penuaan yang terjadi.
Bahkan junk food dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini karena junkfood biasanya mengandung kalori tinggi, lemak tinggi, rendah serat serta mengandung berbagai zat-zat tambahan misalnya zat pengawet, pewarna buatan, penyedap rasa, kafein, kandungan garam atau gula berlebih, dan lain-lain.
Bahaya Junk Food:
Junk Food Merusak Sel-sel Otak
Bahaya Junk Food, Para ahli di Amerika Serikat kembali memperingatkan bahaya kebiasaan rutin menyantap makanan sampah atau junk food. Menurut riset terbaru, makanan dengan kandungan lemak tinggi, tetapi nilai gizi nol ini dapat merusak sel-sel dalam otak yang mengendalikan berat badan, dan memicu siklus obesitas. Temuan ini juga memberikan penjelasan mengapa orang yang kegemukan begitu sulit menurunkan berat badan.
Junk Food Memicu Depresi
Bahaya Junk Food, Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans yang tinggi bukan hanya membuat seseorang terancam sakit jantung, namun juga meningkatkan risiko mengidap depresi, demikian hasil kajian ilmuwan di Spanyol. Lemak trans (trans fat) adalah jenis lemak yang dapat ditemukan pada bentuk artifisial dalam produk-produk pastri dan makanan cepat saji. Sebagian besar lemak trans disintesiskan secara artifisial melewati proses kimia yang menambahkan hidrogen ke dalam minyak sayur. Dalam bahasa sederhana, itu artinya mengubah minyak cair menjadi lemak padat.
Peneliti dari Universities of Navarra and Las Palmas de Gran Canaria dalam riset terbarunya menyatakan lemak trans dapat memicu depresi. Hasil penelitian ini mendukung hasil beberapa kajian sebelumnya yang mengungkap dampak buruk jenis lemak ini bagi tubuh. Dalam risetnya, para peneliti memantau dan menganalisa pola diet dan gaya hidup sekitar 12 ribu partisipan selama 6 tahun. Di awal penelitian, tak ada satu pun yang  didiagnosa mengidap depresi, tetapi di akhir riset, sebanyak 657 relawan tercatat menjadi pengidap baru.
Masih menurut laporan riset itu, jumlah pengidap depresi di seluruh dunia saat ini mencapai 150 juta orang dan angka ini meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan ini, kata peneliti, diakibatkan oleh perubahan radikal dari sumber lemak yang diasup dalam pola diet barat, di mana sejumlah jenis lemak tertentu yang bermanfaat yakni lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated) dan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) pada kacang-kacangan, minyak ikan dan minyak sayur – digantikan dengan jenis lemak jenuh dan trans-fat yang ditemukan dalam daging, mentega dan jenis produk lainnya seperti pastri dan fast food.
Junk Food dan Soft Drink dapat menyebabkan  Jerawatan
Bahaya Junk Food, Ada sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa ada hubungan antara pola makan dan jerawat. Namun, para dermatolog sepakat, fakta ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian. Kebanyakan remaja usia 17-18 tahun memiliki jerawat, dan hal ini bisa berlangsung hingga usia 20-an dan 30-an. Pada kasus-kasus lain, jerawat lebih disebabkan faktor genetik. Namun, secara umum jerawat ditimbulkan oleh lingkungan dan dipicu oleh makanan.
Jerawat sebenarnya timbul ketika pori-pori Anda tersumbat akibat kelenjar minyak (sebum) di dalam pori meradang. Peradangan ini terjadi ketika kelenjar minyak  memproduksi minyak berlebih, terganggu oleh sel-sel kulit mati, atau pori-pori terisi, yang mendorong tumbuhnya bakteri.
Dulu para dermatolog meyakini tidak ada hubungan antara pola makan dan jerawat. Akan tetapi, bukti-bukti yang bermunculan menunjukkan bahwa beberapa makanan dan minuman tertentu mungkin telah menyebabkan atau memicu jerawat pada beberapa orang. Jika anda ingin menghindari jerawat, konsumsilah makanan seperti pasta, nasi merah, roti dan tepung gandum, apel, melon, dan buah-buahan segar.
Junk Food Meningkatkan kadar gula darah
Bahaya Junk Food, Makanan kemasan dan saringan menciptakan kondisi sempurna untuk jerawat. Sebab, makanan-makanan ini meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, dan menyebabkan kadar insulin meningkat. Beberapa jenis makanan yang biasa dikonsumsi orang dewasa yang bisa menyebabkan jerawat tersebut antara lain makanan ringan yang mengandung gula, roti tawar, dan soft drink. Makanan ini tidak langsung menyebabkan jerawat karena metabolisme berubah sebagai responsnya, dan mendorong insulin.
Semakin lama, kadar insulin yang tinggi menyebabkan kulit lebih kering, lebih tebal, lalu serpihan kulit yang kering itu menyumbat pori-pori. Insulin juga meningkatkan kadar androgen bebas (hormon pria) pada pria dan wanita, yang lalu menyebabkan kelenjar sebum pada kulit memproduksi lebih banyak minyak, dan memincu jerawat. Orang dewasa lebih responsif terhadap insulin sehingga dapat menimbulkan lebih banyak problem.  Jus sebaiknya dikurangi karena juga meningkatkan kadar gula darah dan insulin.
Kebanyakan Junk Food menyebabkan Pikun
Bahaya Junk Food, Penelitian terbaru pada tikus di laboratorium menunjukkan, konsumsi junk fooddapat memicu terjadinya kerusakan sel syaraf otak mirip penyakit kepikunan Alzheimer. Tikus yang diberikan makanan junk food selama sembilan bulan menunjukkan tanda-tanda abnormalitas pada otak berupa rangkaian kusut neurofibrillary yang berisi protein tau mengidikasikan adanya Alzheimer, demikian dilaporkan para ilmuwan dari Karolinska Institutet, Swedia.


Sumber: http://www.royyak.com/food-beverage/bahaya-junk-food 

1 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Nerho Pha | TNB